Tips cari Ide pokok/ Main idea

5 May

Ide pokok ialah poin utama yang disampaikan penulis dan bukan detail dari tulisan itu. Ini sama aja dengan kita menjawab pertanyaan temen pas dia bertanya “kamu kemana aja malam minggu kemarin?” dan kita menjawab “Aku nonton band”

Sebenarnya kita cuma mau ngasi tahu inti aktivitas kita saat malam minggu. Kecuali temen kita bertanya lebih lanjut mungkin kita baru akan menceritakan ke temen kita tiap detail saat kita nonton band, seperti misalnya, dengan siapa kita pergi, baju apa yang kita pakai, jajan apa aja yang kita beli, ketemu siapa aja di sana, dan seterusnya. Kita ga akan cerita gimana parkiran penuh banget sampai kita susah parkir atau hal-hal lainnya. Pada umumnya pas teman bertanya kita cuma ngasi jawaban singkat yang merupakan ide pokok dari informasi inti yang ingin kita beritahukan ke teman.

Kadangkala, ide pokok terlihat sangat jelas, akan tetapi seringkali kita menemukan kesulitan untuk mengetahui ide pokok pada soal-soal tes tertentu seperti contohnya pada soal-soal TOEFL, TOEIC, atau bahkan pada soal-soal ulangan harian dan lainnya. Seringkali ide pokok sangat tidak jelas dan hampir tidak ada pilihan jawaban yang sesuai dengan pikiran kita.

Jadi, Gimana dong menetukan ide pokok?

Berikut beberapa tips sederhana untuk menentukan ide pokok pada bacaan:

1. Jika ide pokok tersurat atau dituliskan

Seringkali penulis (terutama penulis baru) menuliskan ide pokok pada kalimat pertama suatu paragraf. Jika kita menemukan paragraf jenis ini, akan sangat mudah menemukan ide pokok: Cari aja kalimat dalam pargaraf itu yang bisa mewakili keseluruhan isi bacaan.

Patrick loves to play music. His favorite music instrument is guitar because it requires a great deal of skill. Patrick also likes to play music instrument which influences his emotion a lot. He prefers piano because it requires not only skill but also deep feeling. If he is alone, he would like to play saxophone.

The main idea here is “Juan loves to play music.”

2. Jika ide pokok tersirat alias tidak dituliskan

Saat ide pokok tersirat alias tidak dituliskan kita memang akan sedikit lebih sulit untuk menentukannya. Jika penulis tidak menuliskan ide pokok make kita bebas menentukan inti dari paragraf tersebut. Kita tinggal tuliskan saja satu kalimat yang kita pikir bisa mewakili keseluruhan isi teks.

Atau kita bisa menentukannya dengan cara berikut:

a. Ringkas bacaan/teks

Setelah kita membaca sebuah teks, bikin ringkasan singkat dalam ingatan atau tulis pada selembar kertas sebuah kalimat yang dapat mewakili seluruh isi teks, ringkasan itu dapat berupa jawaban jika temen kita nanya “Itu bacaan tentang apa si?”

b. Perhatikan pengulangan-pengulangan

Jika kita menemukan paragraf yang memberikan begitu banyak informasi hingga kita bingung gimana meringkasnya, cari aja pengulangan kata, frase, pendapat sama atau yang mirip.

Well, kayanya ini aja dulu deh…

Selamat mencoba…!!

Good luck…!

About these ads

7 Responses to “Tips cari Ide pokok/ Main idea”

  1. Marsum January 23, 2012 at 6:26 pm #

    Thanks

  2. Ahmad Ian January 30, 2012 at 3:39 pm #

    terimakasih infonya ya..

  3. Nelly March 4, 2012 at 7:54 am #

    Bagus!!..

  4. Laila March 4, 2012 at 10:53 am #

    Tapi klo pilihan ganda gmana ???

  5. Naoko Yumi June 6, 2012 at 7:04 pm #

    Terima kasih :)

  6. bagir jufri September 20, 2012 at 3:57 pm #

    thaxs bro…! sangat membantu sekali tuk kita yg hobi ngebaca…
    .

    • bagir jufri September 20, 2012 at 3:57 pm #

      bagir s jufri

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: