TENSES SECARA SINGKAT

5 May

Tenses secara singkat tuh cuma perubahan kata kerja mengikuti waktu berlangsungnya suatu aktivitas. Yaitu :

1. Dulu/lampau (PAST / Verb 2 )
aku tadi makan = I ate

2. Sekarang (PRESENT / based verb)
Aku makan = I eat

3. Yang akan datang (FUTURE / aux verb+ based verb )
Aku mau/akan makan = I will eat

CONTOH PERUBAHAN KATA KERJA

tenses

Kemudian dari tiap-tiap waktu itu akan dibagi lagi menjadi

1. SIMPLE

Bentuk yang simple ada 3

• Simple Present Tense ( based verb)

ex : I drink = aku minum

• Simple Past Tense (verb 2)

ex : I drank = aku tadi minum

• Simple Future Tense (will/ be going to + based verb)

ex : I will drink atau I am going to drink = aku mau/akan minum

2. CONTINUOUS bisa diartikan SEDANG

Semua bentuk continuous pasti menggunakan TOBE + VERB ING, Apa saja TOBE itu…

* dalam bentuk Present TOBE = am, is, are
* dalam bentuk Past TOBE = was, were
* dalam bentuk Future TOBE = be
* dalam bentuk Perfect TOBE = been

contoh

• Present Continuous Tense = am, is, are + Verb ing

ex : I am drinking = aku sedang minum

• Past Continuous Tense = was, were + Verb ing

ex : I was drinking = aku tadi sedang minum

• Future Continuous Tense (will/ be going to + be + verb ing)

ex : I will be drinking = aku akan sedang minum

3. PERFECT bisa diartikan SUDAH

Semua bentuk perfect pasti menggunakan HAVE/HAS/HAD + VERB 3,

* dalam bentuk Present HAVE/HAS
* dalam bentuk Past HAD

contoh

• Present Perfect Tense = have/has + Verb 3

ex : I have drunk = aku sudah minum

• Past Perfect Tense = had + Verb 3

ex : I had drunk = aku tadi/dulu sudah minum

• Future Perfect Tense (will have + verb 3)

ex : I will have drunk = aku akan sudah minum

4. PERFECT CONTINUOUS bisa diartikan SUDAH TAPI BELUM SELESAI / MASIH BERLANGSUNG

DISINI KITA HARUS INGAT BAHWA….!!!

1. Semua bentuk perfect pasti menggunakan HAVE/HAS/HAD + VERB 3,
2. Semua bentuk continuous pasti menggunakan TOBE + VERB ING

Dalam bentuk Perfect TOBE = been

contoh

• Present Perfect continuous Tense = have/has + Verb 3

ex : I have been drinking = aku sudah dan masih minum

• Past Perfect Tense = had + Verb 3

ex : I had been drinking = aku tadi/dulu sudah dan masih minum

• Future Perfect Tense (will have + verb 3)

ex : I will have been drinking = aku akan sudah dan masih minum

Detail untuk tiap tenses akan dijelaskan satu persatu pada posting-posting berikutnya…
//

Leave a Reply

